Glodon Dukung Tunas Jaya Sanur Garap Pasar Umum Gianyar dengan Teknologi BIM

Glodon Dukung Tunas Jaya Sanur Garap Pasar Umum Gianyar dengan Teknologi BIM.jpg
Pertemuan perwakilan PT. Glodon Technical Indonesia untuk mendukung PT. Tunas Jaya Sanur dalam menggarap pembangunan Pasar Umum Gianyar dengan menggunakan teknologi BIM, Senin, 9 September 2020, di Denpasar. Sumber foto : Terkini.id

Terkini.id, Denpasar -Konstruksi Digital saat ini semakin diminati oleh pelaku konstruksi di Indonesia, baik kontraktor, konsultan maupun owner (pemilik proyek). Pasalnya, jika industri konstruksi sudah mulai menggunakan teknologi BIM (Building Information Modeling) yang mampu mensimulasikan seluruh informasi di dalam proyek pembangunan ke dalam model 3 Dimensi, tentu akan mempermudah penghitungan biaya pada saat proses tender maupun fase konstruksi berjalan.

Hal ini yang mendorong PT. Tunas Jaya Sanur untuk berkomitmen menuju era konstruksi digital, salah satunya dengan menjadikan Proyek Pembangunan Pasar Umum Gianyar sebagai Pilot Project mereka untuk penerapan konstruksi berbasikan digital dan mengimplementasikan Software BIM Cubicost pada proyek Pembangunan Pasar Umum Gianyar.

Untuk itu, PT Glodon Technical Indonesia mendukung rencana tersebut dengan memberikan Project Guidance Software BIM Cubicost untuk proyek Pembangunan Pasar Umum Gianyar yang direncanakan rampung pada 6 Nopember 2021. Demikian disampaikan General Manager PT Glodon Technical Indonesia, Shanks Fu, saat Project Guidance Software BIM Cubicost di kantor PT Tunas Jaya Sanur, Denpasar, Senin, 7 September 2020.

Selain diikuti oleh staff dari PT. Tunas Jaya Sanur, Project Guidance juga diikuti oleh Tim dari Dinas PU Bidang Cipta Karya Kabupaten Gianyar selaku pemilik proyek. Diharapkan, nantinya seluruh stakeholder yang terlibat dalam pengerjaan konstruksi di Bali baik pemerintah, konsultan dan kontraktor mampu saling besinergi untuk memanfaatkan teknologi BIM demi berjalannya proyek konstruksi yang lebih efektif dan efisien dengan berbasiskan digital.

“Teknologi BIM ini perlu diterapkan di industri konstruksi karena mampu menghemat waktu, biaya dan mendukung transparansi biaya proyek, serta menekan tingkat margin of error sampai dengan 2,5%,” ungkap Account Manager dari PT Glodon Technical Indonesia, Bagas Dewantara.

Ia menjelaskan, usaha PT. Tunas Jaya Sanur menggandeng PT Glodon Technical Indonesia untuk menjadikan Pembangunan Pasar Umum Gianyar sebagai Pilot Project untuk menggunakan Software BIM Cubicost untuk kepentingan proyek, merupakan langkah yang sangat tepat untuk menciptakan lingkungan Konstruksi Digital di Bali.

Project guidance kali ini dilakukan untuk memperkenalkan fungsi dan fitur-fitur Software BIM Cubicost untuk diimplementasikan di proyek Pasar Umum Gianyar. Disamping itu menentukan metode kerja yang tepat untuk tim di proyek dalam rangka transisi dari metode perhitungan manual ke metode digital Software BIM Cubicost.

“Tunas Jaya Sanur selaku pioneer pengguna BIM dan telah berkomitmen untuk menuju Konstruksi berbasiskan digital, akan menjadi contoh bagi pelaku konstruksi lainnya di Bali, sehingga nantinya akan tercipta industri konstruksi berbasikan digital yang baik di Bali,” paparnya.

Direktur Utama PT Tunas Jaya Sanur (Group), I Made Budi Atmika menyampaikan kepada awak media pengalamannya menggunakan software dalam simulasi biaya pembangunan. Perbedaan metode konvensional dengan BIM adalah, ketika seorang simulator menggunakan cara lama maka akan menghabiskan waktu hingga 2 minggu. Namun memanfaatkan cara baru (digital), khususnya dengan software BIM Cubicost, dapat memangkas waktu dari 2 minggu pengerjaan menjadi 3 hari saja dengan hasil penghitungan volume bangunan yang lebih akurat dan di support dengan visual 3D Model nya.

“Target pembangunan Pasar Umum Gianyar adalah 15 bulan dan terdiri dari 7 lantai. Kami melakukan pembangunan pertama yang menerapkan metode BIM dan green building konstruksi. Nantinya pun bangunan ini akan memanfaatkan energi tenaga surya dan benar-benar gedung ini ramah lingkungan. Pasar Gianyar akan menjadi pilot project penerapan BIM supaya menjadi role model konstruksi digital ke depannya, serta menjadi contoh untuk bagaimana Software BIM Cubicost diterapkan di proyek-proyek Tunas Jaya Sanur lainnya,” jelas Made Budi Atmika.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Bandara I Gusti Ngurah Rai Salurkan Bantuan Bina Lingkungan Senilai Rp 352 Juta

Hingga Agustus, 5 Juta Penumpang Terlayani di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Launching Bus Trans Metro Dewata Siap Layani Masyarakat

Koordinator Staf Khusus Presiden: Bali Perlu Seimbangkan antara Gas dan Rem

Belum Diizinkan Berjualan di Pantai Kuta, Pedagang Mengeluh

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar