Aplikasi Chatbot Disdukcapil Badung Mudahkan Pelayanan di Tengah Pandemi Covid-19

Aplikasi Chatbot Disdukcapil Badung, Mudahkan Pelayanan Di Tengah Pandemi Covid-19
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Badung A.A Ngurah Arimbawa.

Terkini.id, Badung – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Badung, meluncurkan aplikasi chatbot (layanan obrolan virtual). Tujuannya untuk memudahkan dalam melayani masyarakat, di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Untuk menggunakan aplikasi ini, masyarakat bisa “berinteraksi” dengan chatbot melalui nomor hotline 08970531571.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Badung A.A Ngurah Arimbawa, Jumat, 10 April 2020, mengatakan, berdasarkan uji coba selama 2 minggu ini Ada 15 permohonan yang bisa dilayani melalui aplikasi chatbot ini.

Permohonan meliputi pencetakan KTP elektonik, penerbitan Suket (surat keterangan), penerbitan identitas penduduk non permanen, penerbitan SKTT (Surat Keterangan Tempat Tinggal) WNA langsung cetak.

Penerbitan KK, penerbitan KIA, konsolidasi data, penerbitan surat pindah keluar, Akte Kelahiran, Akte Perkawinan, Akte Kematian, Akte Perceraian, penerbitan KK WNA baru/pindah datang langsung cetak.

Lebih lanjut mantan Camat Kuta Utara ini mengatakan, diluncurkannya aplikasi chatbot ini untuk memudahkan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Pemerintah sudah mengimbau agar menerapkan social distancing dalam mencegah covid-19. Jadi, kami membuat yang namanya aplikasi chatbot, sehingga masyarakat tidak perlu ke luar rumah, cukup mengurus administrasi dari rumah,” katanya.

Arimbawa menyatakan, penerapan aplikasi chatbot mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring, Surat Edaran Dirjen Dukcapil, Surat Edaran Gubernur Bali No 7194 Tahun 2020 tentang Panduan Tindaklanjut Terkait Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 2019) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali.

Selanjutnya, Surat Edaran Bupati Badung No 183 Tahun 2020 tentang Panduan Tindaklanjut Terkait Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 2019) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, Surat Pemberitahuan Sekda Kabupaten Badung No 184 Tahun 2020, dan Surat Himbauan Sekda No 470/836/Dukcapil/2020.

“Aplikasi ini akan terus kami sempurnakan kedepannya, sehingga benar-benar memberikan kepuasan terhadap masyarakat baik dari segi waktu maupun teknis pelaksanaannya,” imbuhnya.

Sementara itu salah satu Kepala Lingkungan yang memanfaatkan aplikasi chatbot mengatakan bahwa pelayanan aplikasi ini sebagai bagian dari pelayanan daring sangat bagus dalam mendukung kebijakan pemerintah terutama penerapan social distancing maupun physical distancing guna mencegah penyebaran Covid-19.

Disamping itu dari segi waktu sangat efektif karena selaku kaling, pihaknya tidak perlu lagi ke puspem untuk mengurus administrasi warganya tapi cukup dari rumah sehingga dapat mengerjakan tugas-tugas lainnya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Pembekuan DPD ASITA Bali Mengancam Upaya Pemulihan Pariwisata Pulau Dewata

DJP Bali Gencarkan Sosialisasi Insentif Pajak, Gandeng Aliansi Masyarakat Pariwisata Bali

Bantu Tugas Jurnalis Kuta, ITDC Sumbang Masker dan Hand Sanitizer

Satgas Gotong Royong Desa Adat Yangbatu Bagikan Pamflet Edukasi dan Sabun Cuci Tangan Gratis

Walikota Rai Mantra Perintahkan Perumda Air Minum Kota Denpasar Gratiskan Tagihan Pembayaran

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar